Harga Bitcoin Capai US$40.000, Pertama Kali Sejak April 2022

Pasar kripto kembali bergairah dengan harga Bitcoin menyentuh US$40.000, sebuah tonggak penting yang pertama kali tercapai sejak April 2022.

Kenaikan ini menandakan momentum positif bagi aset digital terkemuka ini, yang telah mengalami peningkatan sebesar 15% dalam 30 hari terakhir. Saat artikel ini dirilis harga BTC diperdagangkan di harga US$40.750.

Peningkatan harga BTC ini mencerminkan optimisme yang berkelanjutan dan kegembiraan atas persetujuan yang diantisipasi dari ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat.

Sementara itu, Ethereum juga tidak ketinggalan, dengan harga yang naik di atas US$2.200, pertama kalinya sejak Mei 2022. LUNC, ORDI, dan LUNA menjadi altcoin dengan kenaikan harga tertinggi dalam 24 jam terakhir. Masing-masing naik lebih dari 25%.

Selain itu, banyak proyek NFT populer juga mengalami kenaikan harga akhir pekan ini, dengan aset termurah dalam proyek seperti Pudgy Penguins, DeGods, dan Azuki mengalami kenaikan persentase dua digit dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Prediksi PlanB, Harga Bitcoin Tidak Akan Turun di Bawah US$35 Ribu

Analisis Harga Bitcoin Selanjutnya

Gambar: Analisis pergerakan harga Bitcoin. Sumber: NewsBTC.

Bitcoin mengalami kenaikan signifikan, melampaui resistensi $40.000 dengan kenaikan lebih dari 5%. Kini diperdagangkan di atas US$40.000. 100 hourly simple moving average Bitcoin menunjukkan potensi untuk naik lebih tinggi, dengan target resistensi berikutnya di US$42.000.

Resistensi langsung terlihat di sekitar US$40.850, dan jika berhasil dilewati, target selanjutnya adalah US$41.200. Namun, jika Bitcoin tidak mampu menembus US$40.850, ada kemungkinan koreksi ke bawah, dengan dukungan utama di US$40.000. Indikator teknis seperti MACD dan RSI saat ini menunjukkan tren bullish.

Baca juga: CoinShares Yakin Harga Bitcoin Tembus US$141 Ribu Jika ETF Bitcoin Disetujui

Optimisme untuk Harga Bitcoin

Peningkatan harga Bitcoin dan Ethereum ini memunculkan optimisme yang berkelanjutan untuk kenaikan harga Bitcoin dan aset kripto lain yang lebih tinggi lagi.

Kepala penelitian Matrixport, Markus Thielen, memperkirakan bahwa Bitcoin akan mencapai lebih dari US$60,000 pada bulan April tahun depan dan US$125.000 pada akhir tahun 2024.

Thielen mengatakan tiga tahun terakhir pasar bearish mengalami siklus bullish selama tiga tahun berikutnya dan sebuah analisis menunjukkan “tiga tahun lagi pasar bullish ini, dengan tahun 2023 menjadi tahun pertama.”


Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency