Euler Finance Sukses Lakukan Negosiasi, Hacker Kembalikan Dana!

Anggita Hutami

4th April, 2023

Peretas platform pinjaman Euler Finance dilaporkan telah mengembalikan sebagian besar dana yang dicuri pada Selasa pagi (4/4). Setelah peretas mengembalikan dana protokol, token asli Euler (EUL) mengalami kenaikan.

Menurut data Coinmarketcap (4/4) sore, token EUL diperdagangkan pada harga US$3,95, mencatat kenaikan sebesar 13,4% dalam 24 jam terakhir. Sebelumnya, dalam sepekan terakhir, harga token EUL anjlok berada di zona merah akibat peretasan.

Kronologi Pengembalian Dana

Peretas mengembalikan dana senilai US$31 juta melalui tiga transaksi, terdiri dari 10.580 ETH senilai sekitar US$19 juta dan US$12 juta dalam bentuk DAI.

Dengan ini, Euler Finance berhasil memulihkan dana pelanggan senilai US$177 juta atau setara dengan 90% dari total dana yang dapat dipulihkan. Sementara itu, 10% sisanya menjadi insentif bagi pihak yang membantu dalam pemulihan dana.

Namun, data blockchain menunjukkan bahwa peretas telah membuat beberapa transaksi untuk mentransfer puluhan juta stablecoin DAI ke dompet lain.

Pengembalian dana dilakukan setelah dilakukan negosiasi antara Euler Finance dan pihak peretas secara pribadi melalui alamat Euler Deployer di blockscan (20/3).

Melalui akun instagram resminya, Euler Finance mengumumkan keberhasilan negosiasi dan pengembalian dana.

CEO Euler Finance, Michael Bentley berterima kasih atas dukungan yang diterima dalam beberapa hari terakhir, khususnya kepada salah seorang pengguna Twitter @functi0nZer0 yang belum diketahui secara jelas identitasnya.

Pengembalian dana ini menandai salah satu penyelesaian konflik dengan cara yang cukup positif di industri DeFi, yang masih jadi ruang subur peretasan di kripto

Awal Mula Kasus

Protokol pinjaman Euler Finance mengalami eksploitasi awal bulan Maret 2023, yang mengakibatkan hampir US$200 juta hilang selama dalam bentuk aset kripto berupa DAI, WBTC, ETH dan USDC.

Peretas menggunakan modus flash loans (pinjaman kilat) untuk melakukan serangan dengan mengecoh protokol agar salah berasumsi soal jumlah eToken dan dToken dalam jaringan Euler.

Setelah peretasan itu, pada Sabtu (15/3), Euler mengeluarkan sayembara hadiah senilai US$1 juta bagi siapa saja yang berhasil mendapatkan informasi peretas. Pengembang meminta 90% dari dana yang dicuri untuk dikembalikan pada saat itu.

Baca Juga: Euler Finance Buka Sayembara Berhadiah Rp15,37 Miliar Untuk Dapatkan Informasi Peretas!

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.