CEO Game Web3 RoboHero Soroti Kerentanan Keamanan di X

Anisa Giovanny

25th April, 2024

Platform X telah banyak digunakan oleh berbagai proyek kripto untuk mengenalkan produknya dan menjadi tempat sebagai sarana promosi untuk menggaet investor. X

Berbagai akun kripto di X menggunakan alat seperti siaran langsung (Spaces) dan kampanye airdrop untuk melibatkan pemirsa dan meningkatkan profitabilitas. Namun, kekurangan perlindungan pengguna membuat akun mereka rentan terhadap serangan phishing, upaya peretasan, dan pelanggaran data.

Masalah kerentanan keamanan di X ini turut menyita perhatian dari RoboHero, yang merupakan gim seluler WEB3 multipemain.

Akun X proyek RoboHero sempat menjadi korban malware ketika peretas mencoba mengakses akun Twitter mereka pada tanggal 2 April 2024. Meskipun sudah menerapkan langkah-langkah keamanan seperti otentikasi dua faktor (2FA) dan berlangganan X Premium.

CEO RoboHero, Jakub Stefanek, mengekspresikan penyesalannya atas dampak besar dari pelanggaran tersebut.

“Akun kami mencerminkan semangat, komunitas, dan dedikasi kami selama bertahun-tahun,” kata Stefanek.

Stefanek menjelaskan butuh waktu hingga delapan hari untuk memegang kendali atas akun RoboHero. Namun, apa yang sudah dibangun oleh akun itu terhapus dan membuat tim RoboHero harus mempublikasikan semua konten dari awal.

Baca juga: YEY, Platform Web3 untuk Memberdayakan Komunitas

Gunakan AI untuk Minimalisir Kerentanan Keamanan

Apa yang menimpa RoboHero ini menurut Stefanek bisa diminimalisir apabila X mempertimbangkan untuk menggunakan sistem pendukung berbasis artificial intelligence (AI).

“Insiden ini menyoroti keterbatasan sistem pendukung berbasis kecerdasan buatan (AI). Meskipun menawarkan keuntungan seperti waktu respons yang cepat dan peningkatan skalabilitas, mereka rentan terhadap kesalahan, kurangnya empati, dan manipulasi,” katanya.

Ia jua berharap para pemangku kepentingan harus bekerja sama untuk mengidentifikasi dan mengatasi kerentanan yang ada demi melindungi integritas proyek dan komunitas mereka.

Baca juga: X Luncurkan Akun Xpayments, Dogecoin Naik +14%

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency