Bitcoin Dominasi 98% Produk Investasi Kripto

Anggita Hutami

12th April, 2023

Arus masuk Bitcoin (BTC) mendominasi 98% arus masuk produk investasi aset digital secara global. Meskipun arus BTC tergolong signifikan, volume perdagangan BTC tergolong rendah.

Gambar arus masuk aset kripto. SumberL CoinShares.

Kondisi ini mungkin saja mencerminkan bahwa investor cenderung untuk menahan aset dan berada di level waspada terhadap keputusan membeli maupun menjual BTC.

Baca Juga: Holder Bitcoin Naik Pesat, Ungguli Level Bullish 2021

Arus Masuk Bitcoin

Menurut laporan Coin Shares, arus masuk ke Bitcoin mencapai US$56 juta, yang merupakan 98% dari total arus masuk aset digital sebesar US$57 juta. Sementara itu, ada sedikit arus keluar dari posisi jual Short Bitcoin, dengan total US$0,6 juta.

Gambar arus masuk aset kripto. Sumber: CoinShares.

Ini menunjukkan bahwa kebanyakan investor masih memilih untuk memasukkan dana mereka ke dalam Bitcoin, meskipun ada beberapa yang mengambil posisi jual untuk mengantisipasi penurunan harga.

Meskipun investor menunjukkan sentimen positif terhadap Bitcoin, volume perdagangan minggu ini relatif rendah, hanya mencapai US$970 juta.

Hal ini tercermin di pasar pertukaran Bitcoin global, yang volume perdagangannya hanya sekitar 25% dari rata-rata tahun ini sebesar US$18 miliar.

Meskipun ada peningkatan minat pada Bitcoin, tetapi aktivitas perdagangan yang sebenarnya masih belum mencapai level yang diharapkan oleh pasar.

Baca Juga: Harga Bitcoin Sentuh US$30.000, Naik 46% dalam Sebulan!

Di sisi lain, ketika Bitcoin dominasi arus masuk ke pasar kripto, tujuh altcoin ini justru mencatatkan arus masuk terendah.

Uniswap, Polkadot, dan Polygon, masing-masing mencatatkan arus masuk sebesar US$0,5 juta, US$0,4 juta, dan US$0,23 juta.

Hal ini menunjukkan bahwa minat investor pada altcoin masih tergolong rendah dibandingkan dengan Bitcoin.

Antusiasme Investor Bitcoin di Beberapa Negara

Investor di Amerika Serikat menunjukkan sentimen positif yang signifikan terhadap Bitcoin, dengan arus masuk sebesar US$27 juta.

Negara-negara seperti Jerman, Swiss, dan Kanada juga melaporkan arus masuk yang cukup besar untuk minggu ini, masing-masing sebesar US$17 juta, US$13 juta, dan US$2 juta.

Baca Juga: Investor Ritel Crypto di Amerika Naik! Menggunakan Dana Stimulus

Anggita Hutami

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.

Menekuni bidang jurnalistik sejak 2017. Fokus pada isu investasi keuangan, ekonomi, dan kebijakan publik.