Binance akan Hapus Layanan untuk Bitcoin Ordinal

Anisa Giovanny

9th April, 2024

Belum genap satu tahun sejak Mei 2023 menyediakan layanan untuk Bitcoin ordinal atau NFT, Binance dilaporkan akan menghentikan perdagangan, pertukaran, dan pembuatan ordinal pada 18 April 2024. 

Semua pesanan pencantuman yang terpengaruh akan otomatis dibatalkan pada waktu tersebut. . Selain itu, platform Binance akan menghentikan dukungan untuk airdrops, manfaat, atau utilitas lain yang terkait dengan Bitcoin ordinal pada tanggal 10 April.

Penghentian ini merupakan bagian dari upaya Binance untuk menyederhanakan penawaran produk di Binance NFT Marketplace, seperti yang diungkapkan dalam pernyataan resmi mereka pada tanggal 4 April.

Baca juga: Bitcoin NFT Ordinal Edisi Awal Laku Rp6,9 Miliar

Pasar Bitcoin NFT Berkembang Pesat

Binance tidak memberikan komentar mengenai apakah volume perdagangan atau permintaan pengguna memengaruhi keputusannya untuk menghentikan layanan ini.  Meskipun Binance mengakhiri dukungan untuk Bitcoin NFT, pasar NFT berbasis Bitcoin telah berkembang pesat selama setahun terakhir. 

Menurut data dari Dune Analytics, jaringan tersebut memiliki lebih dari 64 juta prasasti hingga saat ini, dan menghasilkan biaya transaksi lebih dari US$423 juta.

Sementara itu, data dari CryptoSlam, melaporkan penjualan NFT Bitcoin mencapai US$6,37 juta dalam 24 jam terakhir, menandai angka tertinggi kedua dalam industri ini. Ini menunjukkan bahwa minat terhadap karya seni digital yang terinspirasi oleh Bitcoin terus meningkat.

Bitcoin Ordinal merupakan protokol yangi memungkinkan untuk penyematan konten digital seperti seni, teks, atau video langsung ke dalam blockchain Bitcoin, mirip dengan fungsi yang ada dalam token non-fungible (NFT) Ethereum.

Menurut perusahaan manajemen aset Franklin Templeton, inovasi ini, bersama dengan standar token yang dapat dipertukarkan baru seperti BRC-20 dan Runes, Bitcoin Layer 2s, dan primer DeFi Bitcoin lainnya, telah menjadi pendorong utama dalam ekosistem Bitcoin.

Baca juga: Mengenal Bitcoin NFT Ordinal dalam 5 Menit!

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency