5 Aset Kripto Potensial Maret 2024

Aset kripto dalam dua bulan pertama di tahun 2024 ini telah memperlihatkan performa yang sangat baik. Bitcoin (BTC) menunjukan kenaikan hampir +40% sejak awal tahun, dengan kapitalisasi pasar kripto menyentuh US$2 triliun.

Bulan Maret 2024 ini mungkin akan memperlihatkan performa aset kripto yang akan koreksi terlebih dulu, kemudian dilanjutkan kenaikan menuju halving. Artikel ini membahas lima aset kripto potensial untuk bulan Maret 2024.

Manta Network (MANTA)

Jaringan layer-2 yang meluncurkan airdrop pada Januari lalu, Manta, masuk ke dalam daftar ini karena performa harga yang kurang baik di tengah antusiasme akan reli altcoin. Per artikel ini dibuat (3/1/24), MANTA diperdagangkan pada harga US$2,77, turun -10,2% dari US$3,08 dalam sebulan terakhir.

aset kripto manta
Gambar: Grafik harga MANTA.

Pergerakan harga telah menyentuh area support dan terdapat kemungkinan untuk menuju area harga US$2,30 – US$2,73. Setelah menyentuh area ini, MANTA berpotensi mengalami reversal dengan target harga US$3,3 – US$3,5.

Baca juga: Manta Airdrop Token Senilai Rp1 Miliar, Pengguna Awal Kecewa

Frax Share (FXS)

Frax Share memiliki agenda yang cukup besar pada tahun ini, yakni peluncuran jaringan layer-2 Fraxtal yang direncanakan pada kuartal dua 2024 ini.

Ada kemungkinan terjadi fomo untuk memanfaatkan momentum demi mendapatkan keuntungan, sehingga investor akan membeli token FXS sebelum layer-2 mereka resmi dirilis.

aset kripto fxs
Gambar: Grafik harga FXS.

Dilihat dari pergerakan harga, FXS mengalami penurunan -5% dari US$9,58 ke US$9,10 dalam sebulan terakhir. Ini menunjukkan bahwa FXS juga underperformed terhadap sebagian besar aset kripto lainnya. Terdapat garis support di US$8,1 yang mungkin terjadi terlebih dulu sebelum mengalami reversal menuju area harga US$10 – US$11.

Pixels (PIXEL)

PIXEL adalah token governance sekaligus token insentif untuk game Pixels, sebuah game web3 yang berjalan di atas jaringan sidechain Ronin. Proyek game ini memberikan alokasi airdrop pada 8 Februari 2024 lalu.

aset kripto pixel
Gambar: Grafik harga PIXEL.

Mengacu pada harga trading hari kedua (untuk menghindari bias volatilitas harga di hari pertama listing), PIXEL telah mengalami penurunan -20,7% dari US$0,633 ke US$0,502. Harga terendah token ini setelah trading hari kedua adalah US$0,486.

Penurunan harga ini berpotensi menghasilkan reversal setelah PIXEL mengalami sedikit koreksi hingga di area US$0,4 – US$0,45. Target harga setelah koreksi adalah di kisaran US$0,65 – US$0,7.

Baca juga: Game Web3 Pixels Hampir Bernilai US$3 Miliar Setelah Migrasi ke Ronin

Jupiter (JUP)

JUP adalah token governance dari agregator DEX Jupiter Exchange. Proyek ini mendistribusikan tokennya melalui airdrop pada 31 Januari 2024 lalu.

aset kripto jup
Gambar: Grafik harga JUP.

Harga token JUP sempat turun hampir -40% dengan harga terendah di US$0,437 dan telah meningkat +44% setelahnya. Per artikel ini dibuat (3/1/24), JUP diperdagangkan pada harga US$0,631, lebih rendah -13% dari harga tertingginya. Dengan tren yang berbalik menjadi naik, maka JUP berpotensi untuk melewati harga US$0,7 pada Maret ini.

Baca juga: Berikan US$580 Juta, Jupiter Jadi Airdrop Terbesar di Solana

Starknet (STRK)

Setelah sekian banyak ketidakpuasan terhadap peluncuran airdrop Starknet dan tokenomics-nya, tampaknya sebutan seputaran “Starknet” telah menurun di media sosial X. Pergerakan harga juga memperlihatkan penurunan sejak awal listing.

aset kripto strk
Gambar: Grafik harga STRK.

STRK mengalami penurunan -25% dari harga bukaan trading hari kedua, yakni US$2,19 ke US$1,79. Penurunan harga ini bisa terbilang biasa bagi token airdrop setelah listing, dan umumnya berpeluang mengalami reversal dalam jangka waktu mingguan bahkan bulanan.

Token STRK berpotensi mengalami sedikit koreksi terlebih dulu ke kisaran harga US$1,5 – US$1,6, sebelum mengalami reversal menuju target harga US$2,5 – US$3.

Baca juga: Alokasi Unlock Token Starknet (STRK) Diubah Usai Diprotes Komunitas

Ary Palguna

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.

Lulusan Matematika ITB yang menggemari kripto sejak 2017. Sedang fokus dalam riset ekonomi makro dan kripto beserta teknologinya.